Rabu, 23 Februari 2011

Indonesia Itu Majemuk

Foto : Google.com
Indonesia itu majemuk, multikultural. Dengan total seluruh pulau berjumlah 17.504 dan 1.128 suku yang tersebar dari Sabang di Barat hingga Merauke (Timur), dari Pulau Miangas di Utara hingga Pulau Rote (Selatan) maka tidak ada alasan untuk mereduksi atau malah menghilangkan salah satunya.

Itulah salah satu kekayaan Indonesia di antara berjuta kekayaan lainnya yang berbentuk fisik. Indonesia memang negara yang prular, dengan segala identitas kemajemukan di dalamnya. PKS menyadari betul akan hal itu. Indonesia terbentuk dari keragaman, PKS sebagai salah satu komponen bangsa yang berjuang melalui politik, tidak bisa mengabaikan begitu saja fakta tersebut.

Maka, sebagai partai politik yang berkeadilan, keseimbangan adalah sesuatu yang mutlak demi menjaga nilai kemajemukan teresebut. Termasuk keputusan PKS untuk tidak identik dengan suku tertentu, budaya tertentu. Namun berusaha masuk ke dalam budaya dan kebiasaan yang berlaku di salah satu wilayah.

Seiring dengan semakin meluasnya eksistensi dan peran PKS, dakwah bersentuhan secara langsung maupun tidak langsung dengan berbagai budaya dan tradisi yang berkembang di masyarakat. Maka diperlukan penyikapan dalam interaksi dengan budaya yang berkembang di Indonesia, khususnya budaya yang bersumber dari selain ajaran Islam. Secara internal, PKS menseriusinya dengan membuat sekaligus mensosialisasikan rambu-rambu (Dhawabith) Syar'iyah tentang budaya lokal. (*)

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Beranda